Ayam Kampung Atau Ayam Broiler? Yuk Ketahui Perbedaannya!

Ayam Kampung Atau Ayam Broiler? Yuk Ketahui Perbedaannya!

1728147shutterstock-109901492780x390

Daging ayam merupakan salah satu bahan makanan yang disukai oleh semua orang. Daging ayam juga merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung banyak nutrisi dan gizi baik untuk tubuh. Pada dasarnya, daging ayam sendiri terdiri dari berbagai jenis. Tapi, daging ayam yang menjadi populer di kalangan masyarakat adalah daging ayam kampung dan daging ayam broiler.

Sebenarnya, kedua jenis daging ayam ini tidak jauh berbeda. Daging ayam kampung dikenal lebih alot, rasanya lebih gurih dan sehat jika dibanding ayam broiler karena tidak mengandung banyak kimia atau obat-obatan di dalamnya. Sementara ayam broiler dikenal lebih empuk, lebih gemuk dan harganya juga terjangkau.

Selain perbedaan di atas, kira-kira apa lagi ya yang membedakan antara ayam kampung dan ayam broiler? Menurut beberapa sumber, berikut ini adalah beberapa perbedaan ayam kampung dan ayam broiler. Simak baik-baik ya.

  • Tekstur Daging

    Untuk tekstur daging, biasanya ayam kampung lebih alot jika dibandingkan dengan ayam broiler. Ayam kampung juga memerlukan waktu yang cukup lama untuk memasaknya jika ingin ia matang dengan sempurna.

  • Warna Daging

    Perbedaan yang kedua adalah warna daging. Beberapa menyebutkan jika warna daging ayam kampung biasanya cenderung lebih gelap jika dibandingkan dengan warna daging ayam broiler. Perbedaan warna ini sendiri disebabkan karena makanan, cara dan lama hidup dari kedua jenis ayam yang berbeda.

  • Bentuk Tubuh Ayam

    Hal lain yang membedakan ayam kampung dan ayam broiler adalah bentuk tubuhnya. Ayam kampung memiliki bentuk tubuh yang cenderung lebih gagah, lebih kenyal dan tidak terlalu gemuk. Pada bagian dada ayam kampung, akan terlihat beberapa tulang yang muncul ke permukaan. Hal ini mengingat ayam kampung tidak memiliki banyak lemak di tubuhnya. Sedang ayam broiler, biasanya tubuhnya lebih gemuk dan besar.

  • Kulit Ayam

    Kulit ayam kampung biasanya lebih alot, tidak mudah sobek dan rendah lemak di bawahnya. Sedangkan pada kulit ayam broiler biasanya lebih mudah sobek dan mengandung banyak lemak tidak sehat di bawahnya.

Itulah beberapa perbedaan dari ayam kampung dengan ayam broiler. Semoga informasi ini bermanfaat. Agar daging ayam selalu sehat dan memiliki rasa yang enak saat dimasak, pastikan untuk mencucinya terlebih dahulu sebelum dimasak. Simpan dalam wadah tertutup lalu masukkan ke dalam freezer agar daging ayam selalu segar dan tidak bau.

Leave a Reply

Your email address will not be published.